SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 12 bulan yang lalu / Kita dukung kebijakan pemerintah dan anjuran ulama dalam darurat Covid19 untuk STAY AT HOME, jaga kebersihan, terapkan social distancing. Semoga Indonesia segera terbebas dari wabah CORONA19
  • 12 bulan yang lalu / Selamat Datang d Website Resmi SMA NU Juntinyuat Indramayu Jawa Barat
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMA NU Juntinyuat Indramayu Jawa Barat
Sekretaris Yayasan Ibu. Hj. Chodijah Segeran, Pimpin Upacara Hari Pramuka

INDRAMAYU – Ribuan siswa SMP, SMA & SMK Yabujah Segeran, Dewan Guru & Karyawan di lingkungan Yayasan Ibu. Hj. Chodijah Segeran mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke 58 yang dilaksanakan di Lapangan Yayasan Ibu Hj. Chodijah Segeran, Rabu (14/8).

Sekretaris Yayasan, Miftahul Fatah, M.Pd.I, bertindak sebagai Inspektur dalam upacara peringatan Hari Pramuka yang mengusung tema “Membangun Keutuhan NKRI” tersebut.

 

Salam Pramuka!
Salam Pramuka!
Salam Pramuka!

 

Yang kami hormati Bapak dan Ibu Dewan Pembina Pramuka SMP, SMA & SMK Yabujah dan seluruh adik- adik sekalian yang kami cintai dan kami banggakan.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat, rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam memperingati hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019.

 

Selanjutnya, Saya juga ingin mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke 58, semoga jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

 

Tema Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membanguna keutuhan NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

 

Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk Mengurangi Sampah Plastlk.akst bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain.

 

Tepuk Pramuka …….

Tepuk Pramuka…….

 

Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak mud ayang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

 

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

 

Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Terakhir Saya ingin berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di sini. Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang.

 

Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu Bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama.

 

Itu saja yang perlu saya sampaikan.

 

Salam Pramuka ! Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulilah tepat pada hari ini 14 Agustus 2019 kita memperingati Hari PRAMUKA di lingkungan Pangkalan Yayasan Ibu. Hj. Chodijah, eksul pramuka adalah ekskul wajib yang harus dilaksanakan di lingkungan sekolah SMP,SMA, & SMK Yabujah sesuai dengan tuntutan permen Nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan menengah dan sesuai dengan Kurikulum 2013.

“Melalui Pramuka diharapkan para pemuda-pemudi dapat mengisi hari-harinya dengan kegiatan positif dan memerangi narkoba serta mampu selalu berinovasi untuk terus berkarya.” Kata Muhammad, S.Pd.I selaku Ka Mabigus SMP Yabujah. Muhammad berharap para Pramuka dapat terus mengembangkan diri dengan terus menyumbangkan karya-karya terbaik untuk Bangsa Indonesia.

Dihubungi terpisah, Ka Mabigus SMA NU Juntinyuat, Burhanudin, M.Pd.I mengatakan “Sebagai warga Nahdlatul ulama sangat sejalan sekali dengan nafas perjuangan Gerakan pramuka yang saat ini sama sama mengkampanyekan Persatuan dan kesatuan Indonesia dari pecah belah yang saat ini dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak suka terhadap NKRI dan Pancasila sebagai dasar Negara” Ucapnya.

Sementara Ka Mabigus SMK Yabujah, Asrorudin, M.Pd.I mengatakan, “sejak awal pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah. Pramuka berasal dari kata Praja Muda Kirana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya”. Jadi, anak muda haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan. Ujarnya.

Upacara yang diikuti oleh para guru, karyawan siswa SMP,SMA & SMK Yabujah Segeran tersebut nampak berjalan dengan aman, tertib dan lancar

 

TINGGALKAN KOMENTAR

WhatsApp chat