SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 12 bulan yang lalu / Kita dukung kebijakan pemerintah dan anjuran ulama dalam darurat Covid19 untuk STAY AT HOME, jaga kebersihan, terapkan social distancing. Semoga Indonesia segera terbebas dari wabah CORONA19
  • 12 bulan yang lalu / Selamat Datang d Website Resmi SMA NU Juntinyuat Indramayu Jawa Barat
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMA NU Juntinyuat Indramayu Jawa Barat
Semarak Hari Raya idul Adha, di Yayasan Ibu. Hj. Chodijah Segeran

INDRAMAYU – Ketua Yayasan Ibu. Hj. Chodijah, H. Abas Abdul Djalil, M.Si merayakan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga besarnya dan santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Segeran Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu,. H. Abas juga menyaksikan pemotongan hewan kurban di halaman Yayasan Ibu. Hj. Chodijah, bersama masyarakat sekitar, Ahad (11/8/2019).

Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam. Idul Adha juga sering disebut sebagai Hari Raya Kurban, sebab di hari inilah umat muslim yang memiliki kecukupan finansial dianjurkan untuk berkurban.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Yayasan terhadap sesama. Khususnya warga sekitar pondok Pesantren Selain niat ibadah dalam menjalankan perintah Allah SWT, kami juga untuk menjalin tali silaturahmi kepada warga sekitar, abdi dalem yayasan serta para santri,” tandasnya

Anjuran kurban berawal saat Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk mengurbankan putranya, yakni Nabi Ismail yang baru berusia 9 tahun. Meskipun Nabi Ibrahim sebagai seorang ayah tentu sangat menyayangi Nabi Ismail anaknya, Nabi Ibrahim berserah diri dan mengikuti perintah Allah SWT.

Perintah Tuhan (kepada Nabi Ibrahim untuk) siap untuk menyembelih putranya sendiri. Artinya apa? Nabi Ibrahim seorang yang beriman yang tanpa ragu-ragu sedikit pun, percaya betul, yakin betul, perintah Allah itu benar dan pasti akan kembali kepada kita, hamba-Nya kalau kita menjalankan perintah-Nya”.

Dengan kemurahan hati Allah SWT, penyembelihan terhadap Nabi Ismail dibatalkan. Kemudian digantikan dengan kambing. Sejak saat itulah umat muslim dianjurkan untuk berkurban.

Islam merupakan agama yang penuh dengan toleransi dan menghormati kebersamaan serta gotong royong. Bila pada hari-hari biasa hanya segelintir orang yang memiliki finansial berlebih saja yang bisa merasakan nikmatnya daging, pada Hari Raya Idul Adha semua orang bisa memakan daging tak peduli ia miskin sekalipun.

Oleh karena itu, berkurban sangat dianjurkan untuk ditunaikan bagi umat muslim yang memiliki finansial lebih. Selain untuk mendapatkan keutamaan dari kurban, juga dalam rangka untuk berbagi dengan sesama.

 

 

 

Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang sangat istimewa bagi ummat Islam di seluruh penjuru dunia, karena hari itu adalah hari dimana para muslimin menunaikan Ibadah Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban. Setelah berijtihad dengan ru’yah hilal dan hisab.

TINGGALKAN KOMENTAR

WhatsApp chat