SMA NU JUNTINYUAT, Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Burhanudin, M.Pd.I, selaku Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda

0 13

Indramayu – Keluarga besar SMA NU Juntinyuat (Smanuju) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kepala Sekolah, Burhanudin, M.Pd.I menjadi inspektur upacara.

Upacara digelar di Halaman Yayasan Ibu. Hj. Chodijah (Yabujah) Segeran, Jalan KH. Hasyim Asy’ari I No. I Segeran Kidul Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu Pusat, Senin (28/10/2019). Upacara diikuti oleh seluruh jajaran pegawai & Siswa di SMA NU Juntinyuat.

Burhanudin, M.Pd.I dalam amanatnya mengucapkan terimakasih kepada para pejuang yang telah mengikrarkan sumpah pemuda.  Bulan Oktober adalah bulan istemewa karena setidaknya ada 4 momen bersejarah yang dirayakan oleh Bangsa Indonesia yaitu 1 oktober sebagai hari kesaktian pancasila, dimana ketika itu pancasila berusaha dirongrong oleh ideologi ekstrim kiri (PKI) dengan gerakannya yang mereka sebut G30SPKI Tapi Alhamdulillah Allah melindungi Indonesia dan diselamatkannya wasilah kehebatan TNI yang setia sama pancasila, 1 Oktober diperingatinya sebagai hari kesaktian Pancasila.

Momen bersejarah yang kedua adalah 5 Oktober diperingati sebagai hari ULANG TAHUN TNI Baik AD, AL dan AU.

Momen bersejarah selanjutnya adalah 22 Oktober yang berkat kebijakan pemerintah di bawah presiden JOKOWI menetapkan hari itu sebagai hari santri nasional (HSN) dengan mengambil peristiwa RESOLUSI JIHAD Yang dikeluarkan oleh RAIS AKBAR PB NU Khadrayus Syekh KH HASYIM ASYARY Yang menjadi dasar kekuatan para pejuang di Surabaya melakukan perlawan sengit kpd tentara Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah kalahnya Jepang ileh Sekutu paada PD II. Yang tahun sekarang sudah tahun ke 5 diperingatinya HSN itu.

Dan yang terakhir hari ini 28 oktober yang diperingati sebagai hari sumpah pemuda dimana 91 tahun yang lalu para pemuda mendeklarasikan diri mereka Satu tumpah dara yaitu tanah air Indonesia, satu bangsa yaitu bangsa Indonesia dan menjungjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Akhirnya, saya ucapkan SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat