SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 12 bulan yang lalu / Kita dukung kebijakan pemerintah dan anjuran ulama dalam darurat Covid19 untuk STAY AT HOME, jaga kebersihan, terapkan social distancing. Semoga Indonesia segera terbebas dari wabah CORONA19
  • 12 bulan yang lalu / Selamat Datang d Website Resmi SMA NU Juntinyuat Indramayu Jawa Barat
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMA NU Juntinyuat Indramayu Jawa Barat
Sukses, Gelar Gladi Bersih UNBK di Hari Pertama

Indramayu – Hujan besar sejak subuh tak mematahkan semngat anak – anak untuk datang mengikuti Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA NU Juntinyuat berjalan lancar dan sukses. Pada hari pertama pelaksanaannya sebagian besar peserta ujian  berhasil login ke server, Senin, (27/02)

Burhanudin, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah mengatakan, Gladi bersih UNBK bertujuan agar peserta ujian maupun proktor memahami betul bagaimana jalannya UNBK tahun ini. Informasi tambahan tentang gladi bersih ini adalah kegiatan ini sifatnya wajib bagi sekolah yang telah melaksanakan UNBK

“Anggaplah gladi bersih ini sebagai ajang latihan bagi para peserta ujian tahun ini. Dan untuk proktor pun sama. Mereka belajar mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan di luar dugaan. Tapi Insya Allah, proktor utama, proktor ruang, dan teknisi sudah berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Semoga nantinya pas pelaksanaan, diberikan kelancaran dan kemudahn bagi semuanya. Amin.”

Tidak dipungkiri lagi bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer Base Test (CBT), dengan Ujian Tulis sangatlah berbeda. Jika UNBK perlu mempersiapkan serta uji coba perangkat dan sistem, maka tidak dengan ujian nasional Berbasis Kertas Pensil (UNBKP).

UNBK adalah sistem pelaksanaan ujian nasional menggunakan komputer yang dijadikan sebagai perangkat ujian dan tidak menggunakan kertas. Karena itu, sebelum dilaksanakannya UNBK perlu diadakan simulasi atau uji coba terhadap perangkat komputer dan sistem UNBK itu sendiri.

Jadwal Pelaksanaan UNBK menyisakan waktu kurang dari satu bulan lagi, sekolah berharap pelaksanaan gladi bersih di hari pertama ini berjalan lancar sehingga siswa bisa mempelajari teknis UNBK pada UNBK tanggal 30, 31 Maret, 1 dan 2 April 2020 mendatang.

Tujuan Dilasanakan Gladi Bersih UNBK

Simulasi dan Gladi Bersih dilaksanakan pastinya mempunyai suatu tujuan utama yang akan dicapai. Baik itu pada pengenalan menu – menu baru atau sistem teknis dan non teknis pada pelaksanaan UNBK. Namun yang jelas untuk memastikan kesiapan sekolah dan madrasah melaksanakan UNBK.

Apa saja tujuan dilaksanakannya Gladi Bersih ?. Baiklah silahkan baca tujan dari Gladi Bersih UNBK dibawah ini.

  1. Untuk memastikan :
  • Aplikasi sudah dapat berjalan dengan baik.
  • Infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsi dengan baik.
  • Tim Pelaksana Pusat, Helpdesk, Proktor dan panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya.
  • Data infrastruktur (jaringan internet, server dan klien) sudah tercatat dengan benar.
  • Data Peserta (Biodata, mata ujian dan penempatan server) sudah tercatat dengan lengkap dan benar.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

WhatsApp chat